Langsung ke konten utama

JAWABAN TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DIKI NIM 2022231006

 1.Teknologi informasi membantu saya sebagai model bahasa dengan memberikan respons cepat, menyediakan informasi akurat, dan meningkatkan efisiensi kerja. Ini membuat saya lebih produktif, memberikan akses mudah ke pengetahuan terbaru, dan memudahkan pelaksanaan berbagai tugas dengan efektif.

(2).A.Personal Computer (PC):

Komputer ini digunakan oleh individu untuk keperluan pribadi, seperti pekerjaan, pendidikan, dan hiburan. PC termasuk desktop dan laptop.

B.Server:

 Komputer ini didesain untuk memberikan layanan, mengelola jaringan, menyimpan data, atau menyediakan layanan lainnya kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.

C.Mainframe:

Digunakan dalam lingkungan bisnis untuk menangani volume data besar dan transaksi bisnis yang kompleks. Mainframe biasanya digunakan dalam perusahaan besar.

D.Supercomputer:

Dirancang untuk menangani perhitungan yang sangat kompleks dan memerlukan daya pemrosesan yang luar biasa. Biasanya digunakan untuk riset ilmiah dan aplikasi yang membutuhkan kekuatan komputasi tinggi.

E.embedded Computer:

Terintegrasi dalam perangkat elektronik atau sistem tertentu. Contohnya termasuk mikrokontroler di dalam perangkat elektronik rumah tangga, kendaraan, atau perangkat medis.

F.Workstation:

Komputer yang digunakan untuk tugas-tugas khusus yang memerlukan daya pemrosesan dan grafis tinggi, seperti desain grafis, animasi, atau rekayasa.

G.Tablet dan Smartphone:

 Perangkat mobile yang mengintegrasikan fungsi komputasi untuk keperluan sehari-hari, termasuk komunikasi, hiburan, dan produktivitas.

Pembagian ini mencerminkan keragaman penggunaan komputer dalam berbagai konteks dan memenuhi kebutuhan yang berbeda

(3).Perbedaan utama antara siste


m operasi open source (sumber terbuka) dan closed source (sumber tertutup) terletak pada aksesibilitas dan kebebasan pengguna terhadap kode sumber sistem operasi tersebut.


Open Source (Sumber Terbuka):

- Definisi: Kode sumber sistem operasi dapat diakses, dimodifikasi, dan didistribusikan secara bebas oleh siapa saja.

- Kelebihan:Mendorong kolaborasi, transparansi, dan fleksibilitas. Pengguna dapat memahami, memodifikasi, dan mendistribusikan ulang sistem operasi.

- Contoh:Linux (sebagian besar distribusi, seperti Ubuntu, Fedora), FreeBSD.

Closed Source (Sumber Tertutup):

- Definisi: Kode sumber sistem operasi tidak tersedia untuk umum. Hanya vendor atau pengembang tertentu yang memiliki akses ke kode sumber.

- Kelebihan:Kontrol penuh oleh pengembang, perlindungan terhadap pembajakan perangkat lunak.

- Contoh: Microsoft Windows, macOS (Apple).

Contoh lain dari sistem operasi open source dapat melibatkan proyek seperti Android (meskipun banyaknya varian perangkat yang berbeda), sedangkan iOS (Apple) adalah contoh sistem operasi closed source yang digunakan pada perangkat iPhone dan iPad.

Pilihan antara open source dan closed source seringkali tergantung pada preferensi, tujuan pengguna, dan kebutuhan keamanan atau kontrol atas perangkat lunak yang digunakan.


(4).A.Alat Input (Input Device):


   - Definisi: Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer.

   - Contoh: Keyboard (memasukkan teks), mouse (memindahkan pointer), scanner (mengonversi gambar atau teks menjadi data digital).

B.Proses (Processing):

   - Definisi:Langkah di mana komputer melakukan manipulasi data atau informasi yang telah dimasukkan.

   - Contoh: CPU (Central Processing Unit) melakukan perhitungan matematika, pengolahan logika, dan tugas-tugas pemrosesan lainnya.

C.Alat Output (Output Device):

   - Definisi: Perangkat keras yang menghasilkan hasil atau informasi dari pemrosesan data.

   - Contoh: Monitor (menampilkan hasil grafis atau teks), printer (mencetak dokumen), speaker (mengeluarkan suara atau audio).

D.Storage (Penyimpanan):

   - Definisi:Tempat penyimpanan data atau informasi untuk digunakan di masa mendatang.

   - Contoh:Hard Drive (penyimpanan internal untuk data jangka panjang), USB Flash Drive (penyimpanan portabel), Cloud Storage (penyimpanan daring).

Pemahaman tentang input, proses, output, dan penyimpanan membentuk dasar bagi fungsi dasar sistem komputer. Input mewakili masukan data, proses melibatkan manipulasi data, output menghasilkan hasil dari proses, dan penyimpanan menyimpan data untuk digunakan kembali.



(5).A.Pendidikan:

   - Kegunaan: Internet memungkinkan akses cepat terhadap informasi, sumber daya pembelajaran daring, dan kolaborasi global di bidang pendidikan.

   - Manfaat:Memperluas akses pendidikan, menyediakan materi pembelajaran interaktif, dan memfasilitasi komunikasi antara siswa dan pendidik.

   - Contoh Situs:Khan Academy (materi pembelajaran daring), Coursera (kursus daring dari berbagai universitas), Google Classroom (platform pembelajaran kolaboratif).

B.Perekonomian:

   - Kegunaan: Internet menjadi platform penting untuk perdagangan elektronik (e-commerce), pemasaran online, dan pertukaran informasi bisnis.

   - Manfaat: Meningkatkan efisiensi bisnis, memperluas pasar, memfasilitasi transaksi online, dan memberikan peluang bagi bisnis kecil untuk bersaing secara global.

   - Contoh Situs:Amazon (platform e-commerce terbesar), Alibaba (e-commerce global), LinkedIn (jaringan profesional untuk bisnis dan karier)

B.Pemerintahan:

   - Kegunaan:Internet digunakan untuk menyediakan layanan pemerintahan online, berbagi informasi publik, dan memfasilitasi partisipasi warga dalam pengambilan keputusan.

- Manfaat:Meningkatkan transparansi, aksesibilitas layanan pemerintah, dan efisiensi administrasi publik.

   - Contoh Situs:e-Government (platform pelayanan pemerintah online), Data.gov (sumber data pemerintah AS), e-KTP (layanan pendaftaran kartu identitas penduduk online).

Pemahaman dan pemanfaatan internet dalam berbagai sektor ini memberikan dampak positif terhadap pendidikan, perekonomian, dan pemerintahan, membuka peluang dan meningkatkan efisiensi di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI LAPTOP DAN HANDPHONE YANG MEMILIKI PENYIMPANAN TERBESAR DI TAHUN 2023

Informasi Laptop yang memiliki penyimpanan terbesar adalah : MacBook Pro (14 inci, 2023)     Spesifikasi Teknis Tahun diperkenalkan : 2023 Identifikasi model Macbook Pro Anda Menyelesaikan Perak Ruang abu-abu Kepingan Chip Apple M2 Pro CPU 10-core dengan 6 core performa dan 4 core efisiensi, CPU 12-core dengan 8 core performa dan 4 core efisiensi GPU 16 inti, GPU 19 intim Mesin Neural 16-inti Bandwidth memori 200 GB/dtk Mesin media H.264, HEVC, ProRes, dan ProRes RAW dengan akselerasi perangkat keras Mesin dekode video Mesin penyandian video Mesin enkode dan dekode ProRes Dapat dikonfigurasi untuk: M2 Pro dengan CPU 12-core dan GPU 19-core, M2 Max dengan CPU 12-core dan GPU 30-core, atau M2 Max dengan CPU 12-core dan GPU 38-core Chip Apple M2 Max CPU 12-core dengan 8 core kinerja dan 4 core efisiensi GPU 30 inti Mesin Neural 16-inti Bandwidth memori 400 GB/dtk Mesin media H.264, HEVC, ProRes, dan ProRes RAW dengan akselerasi perangkat keras Mesin dekode video Dua mesin enkode video D

Penjelasan data, Informasi, Sistem Informasi dan kapasitas Memori.

 • Data Data adalah kumpulan fakta mentah yang belum memiliki makna khusus. Contohnya bisa berupa angka, huruf, atau simbol yang belum diorganisir atau diinterpretasikan. • Infomasi Informasi adalah data yang telah diolah dan diinterpretasikan sehingga memiliki makna atau relevansi. Informasi memberikan pemahaman atau pengetahuan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan atau tindakan tertentu. • Sistem informasi   Sistem Informasi adalah gabungan antara perangkat keras, perangkat lunak, data, prosedur, dan orang-orang yang bekerja bersama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi yang diperlukan untuk mendukung operasi suatu organisasi. • Tingkatan Memori:    - Bit (Binary Digit):Satuan terkeci l dalam komputasi, dapat bernilai 0 atau 1.    - Byte:Terdiri dari 8 bit. Contoh: "01011001".    - Kilobyte (KB): Sekitar 1.000 byte.    - Megabyte (MB):Sekitar 1.000 kilobyte atau 1 juta byte.    - Gigabyte (GB):Sekitar 1.000 megabyte atau 1 miliar byt